Ayo Hidup Bersih di SDN Sukaratu 01


Nama Kegiatan     : Pengenalan pentingnya kebersihan lingkungan
Tujuan                  : Mengenalkan pentingnya kebersihan lingkungan
Sasaran                : Siswa dan siswi kelas 1,2 dsn 3 SDN Sukaratu I
Tanggal                : Rabu, 18 januari 2012
Waktu                  : 08.30 WIB- 12.00
Tempat                 : SDN Sukaratu I
Deskripsi kegiatan :
                Kegiatan “Pengenalan kebersihan lingkungan” ini dilaksanakan di SDN sukaratu I pada hari rabu 18 januari 2012, dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 12.00. Kegiatan diawali dengan pemberian materi  oleh para mahasiswa kepada para siswa siswi kelas 1,2 dan 3 di kelas, Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mendengarkan materi dengan baik.
                Setelah pemberian materi di kelas , kita melakukan kegiatan pembuatan poster di kelas oleh para siswa siswi kelas 1 dan 3 serta pembuatan tanaman gantung oleh para siswa siswi kelas 2 dengan menggunakan sisa botol plastic bekas untuk dijadikan potnya, para siswa di damping oleh para mahasiswa KKN sukaratu. Kegiatan ini sangat direspon dengan baik siswa siswi mengikuti kegiatan dengan senang.
                Seusai pembuatan poster dan tanaman gantung , siswa siswi kami ajak menerapkan pentingnya kebersihan dengan melakukan kegiatan bersih bersih kelas dan lingkungan sekolah secara bergotongroyong, para siswa sangat bersemangat  dan senang melakukan kegiatan ini. Setelah bersih bersih kelas mereka kami ajak membersihkan tangan mereka menggunakan sabun, namun  sangat memperihatinkan ketika para siswa mengajak kami mencuci tangan mereka ke kolam air yang tergenang yang  lokasiya berada tidak jauh di bawah sekolah, mereka mencuci tangan mereka dengan air yang terlihat kurang bersih. Ternyata di sekolah mereka tidak terdapat air bersih yang tersdia, toilet yang terdapat di sekolah merekapun jauh darih bersih dan tidak .
                Kegiatan ini diakiri dengan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa peserta KKNM 2012 di desa sukaratu, yang diwakili oleh kordes dan ibu N imas selaku kepala sekolah SN sukaratu I.KEgiatan ini berjalan dengan lancar dan direspons dengan baik oleh pihak sekolah dan para siswa siswi yang mengikuti egiatan ini.
Dengan adanya kegitan ini kami berharappara siswa siswi dan pihak sekolah dapat lebih peduli terhadap kebersihan pada diri mereka sendiri dan lingkunan sekitar mereka terutama air bersih .
Saran :
                Dari kegiatan yang kami lakukan kami mendapatkan kurangnya fasilitas air bersih dan toilet di SDN sukaratu I. Sehingga memungkinkan siswa siswi dan pihak sekoah suit untuk menerapkan kebersihan pada diri mereka sendiri di lingkungan sekolah  .
                Kami berharap untuk kedepannya pemerintah dan warga sukaratu menyediakan fasilitas toilet dan air bersih yang mengalir sehingga dapat di gunakan para siswa siswi dan pihak sekolah sukaratu I. 

0 comments:

Posting Komentar

Tentang Sukaratu

SUKARATU GO
Garut, Jawa Barat, Indonesia
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

The Power of We

The Power of We