Aktifitas Desa 



Aktifitas kesehatan
Di Desa Sukaratu memiliki puskemas pembantu sebagai fasilitas kesehatan masyarakat di desa yang berlokasi di dekat Pasar Lewo, puskesmas pembantu tersebut memiliki 3 orang petugas kesehatan yang salah satunya adalah bidan yang bertugas di Desa Sukaratu apabila di desa tersebut membutuhkan pertolongan pertama. Selain itu terdapat 7 posyandu di Desa Sukaratu yang tersebar di daerah Cileuleuy, Dangdeur, Kebun Jeruk, Panyindangan, Pangkalan dan Jatilarangan, posyandu mengadakan pelayanan imunisasi, gizi dan ibu hamil setiap 1 bulan sekali. Puskesmas pembantu ini ditangani oleh puskesmas induk yang terdapat di Desa Citeras,  yang memiliki fasilitas BP umum, poli gigi, imunisasi, IGD, Persalinan, dan apotek. Puskesmas ini melayani selama 24 jam dan memliki 33 petugas medis, 2 sebagai dokter, 16 perawat, dan 15 bidan.

Aktifitas Pemuda dan Kelembagaan
Pemuda di setiap RT memiliki satu ketua pemuda yang dibina oleh RT. Ketua pemuda antar RT ini terikat dalam satu kelembagaan yaitu Karang Taruna Sukaratu yang dipimpin oleh satu ketua. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh pemuda karang taruna adalah pertandingan sepakbola, kerja bakti dll.

Aktifitas Adat Istiadat, Budaya, Kesenian dan Potensi Desa Sukaratu
Aktivitas adat istiadat, budaya dan kesenian dipengaruhi agama sehingga adat di desa ini lebih menekankan pada ajaran agama Islam. Potensi desa meliputi:
Potensi pertanian : jagung, singkong, padi dan sayur-mayur
Potensi perikanan : ikan nila, ikan mujair dan ikan mas
Potensi industry : tempe, tahu, oncom, kulit dan endog lewa.
Potensi SDM : memiliki banyak keahlian hanya saja kurang modal untuk mengembangkan keahlian dan usahanya
Potensi SDA : Desa Sukaratu memiliki lahan yang subur sehingga sawah menjadi lebih dominan sehingga komoditas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan devisa desa.
Potensi wisata : terdapat Situ Cibaduyut yang digunakan untuk pariwisata.

Aktifitas Keagamaan
Garut terkenal dengan daerah santri sehingga keagamaan disini cukup kental. Pengajian diadakan setiap bulan di beberapa masjid dan pondok pesantren. Ada beberapa jenis pengajian yang diadakan seperti pengajian dengan kajian materi  tertentu dengan target sasaran bapak-bapak dan ibu-ibu dan ada pula pengajian Al-Quran yang biasanya diikuti oleh ibu-ibu.



Aktifitas kependidikan
            Desa Sukaratu memiliki 3 fasilitas pendidikan sekolah dasar yaitu SDN Sukaratu I, SDN Sukaratu II dan SDN Sukaratu III. Mutu pendidikan di Desa Sukaratu masih rendah. Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat mengenai pendidikan masih rendah. Hal menjadi kendala dalam bidang pendidikan adalah:
1. Factor ekonomi
Faktor ekonomi yang rendah dimana pekerjaan orang tua masih rata-rata petani sehingga lebih berpikir agar anak-anaknya membantu mereka di Ladang sehingga tidak heran program wajib belajar 9 tahun masih sulit dicapai.
2. Factor sarana dan prasarana
Faktor sarana dan prasaran masih kurang seperti bangku, lampu, ATK, tenaga pengajar yang tidak mencukupi. Guru merangkap berbagai pelajaran yang ada sehingga tidak focus dan maksimal dalam pemberian materi. Pendidikan masyarakat sebagian besar hanya sampai tingkat SD dan SMP dan sebagian kecil yang melanjutkan ke SMA dan perguruan tinggi. 

0 comments:

Posting Komentar

Tentang Sukaratu

SUKARATU GO
Garut, Jawa Barat, Indonesia
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

The Power of We

The Power of We